Nature always wears
the colors of the spirit
-- Ralph Waldo Emerson --

Kota Bondowoso dikelilingi perbukitan dan gunung. Ada banyak tempat di Bondowoso yang bisa kita gunakan untuk melihat pemandangan yang mencakup semua area kota. Panorama alam Bondowoso akan tersaji secara utuh jika kita melihatnya di tempat yang tinggi.

Dengan berada di lokasi yang memiliki view luas mencakup bentang alam dan cakrawala, kita bisa merasakan keindahan yang utuh yang merupakan perpaduan topografi sebuah area kota dan langit dengan awan serta mataharinya.

Panorama alam yang indah dengan berbagai padu padan semua unsurnya yang memikat, tidak bisa dipungkiri akan memperkaya batin kita, membua peka kita atas fenomena alam, dan sebagainya.

Bukit Mahadewa


Bukit Mahadewa berada di lokasi yang tidak jauh dari kota. Untuk mencapai lokasi pos tiket masuk, kita perlu naik kendaraan roda 2 atau kuda. Meskipun jalannya bertanah dan berbatu, namun lokasi ini mudah dijangkau.





Puncak Pattirana 81


Puncak Pattirana 81 menawarkan pemandangan panorama lebih luas dibandingkan Pattirana 28. Lokasi keduanya tidak berjauhah. Namun, untuk menuju Pattirana 81, kita membutuhkan waktu lebih panjang, karena lokasinya lebih jauh 3 kali lipat dan tentunya lebih tinggi.

Di Puncak Pattirana 81, kadang kita akan melihat puluhan monyet berlarian ataupun bergelantungan di pohon.





Puncak Megarsari


Puncak Megarsari adalah lokasi ideal untuk melihat panorama kawasan Sempol. Jalan menuju ke sini berbatu dan bertanah. Kabar terakhir, pemerintah sedang membangun jalan lebih bagus.




Puncak Piramid


Puncak Piramid berada di bagian utara kawasan Pattirana dan lebih tinggi dibandingkan Pattirana. Puncak Piramid menjadi lokasi paling ideal melihat panorama kota Bondowoso. Hanya saja, untuk mencapai puncak Piramid dibutuhkan waktu lebih panjang dan stamina lebih kuat dibandigkan ke puncak Pattirana.